Strategi Memahami Market Import di Indonesia

Spread the love

Kegiatan impor barang dilakukan di negara Indonesia dengan memperhatikan syarat serta kondisi yang ditentukan oleh kedua negara yang bekerja sama dalam kegiatan impor tersebut. Dalam menjalankan bisnis impor, pelaku kegiatan impor terlebih dahulu harus memahami market import yang dimiliki agar supaya bisa sukses dan berhasil dalam usahanya.

Karena dalam menjalankan kegiatan impor, diperlukan bukan saja modal yang besar, namun juga penting untuk memiliki perilaku dan strategi bisnis yang tepat sehingga bisa melakukan eksekusi bisnis dengan baik serta mendapatkan keuntungan yang memuaskan.

Langkah atau Strategi yang Perlu Dilakukan Untuk Memahami Pasar Impor

Banyak pelaku bisnis impor yang mengalami kegagalan setelah melakukan kegiatan impor yang digelutinya. Bukan hanya karena usia berbisnis yang masih terbilang muda, atau karena faktor permodalan yang terbatas. Namun justru kebanyakan dikarenakan para pelaku bisnis impor masih kesulitan untuk memahami pasar impor yang menjadi target bisnis mereka.

Maka dari itu, dalam artikel berikut ini Kami bagikan beberapa strategi atau tips untuk bisa lebih memahami pasar impor yang ada di Indonesia secara khusus.

  1. Bergabung dengan komunitas impor

Di Indonesia, pelaku bisnis impor jumlahnya sangat banyak. Mereka memiliki strategi dan cara berbisnis masing-masing yang biasanya akan dibagikan dalam forum komunitas bisnis impor di Indonesia.

Dalam forum komunitas tersebut, antar anggota akan saling bertukar informasi, ide dan strategi untuk bisa menjalankan bisnis impor dengan maksimal. Dari sini Anda bisa memahami pasar impor yang sebenarnya. Karena pengalaman dan pengetahuan antar anggota yang akan saling melengkapi.

  1. Menentukan jenis barang yang ingin diimpor

Jenis barang yang akan diimpor terbagi menjadi beberapa jenis barang. Di antaranya adalah jenis produk yang sedang trend, jenis produk yang banyak dicari kalangan kolektor dan jenis produk yang banyak dibutuhkan secara musiman.

Untuk menentukan jenis barang yang akan diimpor tentunya dengan memperhatikan beberapa hal penting, di antaranya adalah seberapa banyak produk tersebut dicari konsumen, seberapa laris dan harga yang terjangkau untuk semua kalangan.

  1. Menentukan negara asal untuk impor barang

Jangan lupa untuk menentukan negara asal untuk kegiatan impor barang dalam bisnis Anda. Salah satu negara yang paling banyak dipilih oleh pebisnis impor adalah negara China.

Alasannya bukan hanya karena produk China memiliki kualitas barang yang jauh lebih baik, namun untuk harga yang ditawarkan pun jauh lebih murah sehingga lebih memuaskan semua kalangan masyarakat baik pihak pembeli maupun penjual.

  1. Memahami prosedur pengiriman barang impor

Kemudian strategi yang ke empat adalah untuk memahami bagaimana prosedur pengiriman barang impor yang dilakukan. Dari mulai memilih supplier, memilih harga dan menghitung pajaknya, membayar biaya bea cukai, memilih ekspedisi yang paling terjangkau tarifnya namun dengan kualitas layanan yang terbaik serta mengetahui estimasi waktu pengiriman hingga barang tiba di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis impor yang bisa dilakukan oleh pebisnis kecil atau besar di Indonesia.

  1. Jasa importir barang
  2. Distributor barang impor
  3. Perusahaan hardware atau suku cadang teknologi
  4. Perusahaan pengolahan barang impor atau bahan baku mentah
  5. Jasa asuransi barang impor

Ke semua peluang bisnis yang disebutkan di atas bisa menjadi kesempatan bagus untuk Anda jalankan sembari menjalankan kegiatan bisnis impor di Indonesia. Banyak dari pebisnis pemula yang kemudian mengembangkan bisnis impor yang dilakukannya dengan memilih salah satu bisnis yang berkaitan erat dengan bisnis yang dilakoninya.